About

Pages

I Luv Indonesia I Luv Indonesia

Blogroll

Rabu, 15 Januari 2014

Tumbuhan Penunjang Kehidupan

Salah satu elemen penting dalam hidup ini adalah tersedianya oksigen yang melimpah ruah diudara. Oksigen merupakan unsur yang sangat mendasar yang dibutuhkan manusia dan hewan untuk terus melanjutkan kehidupan. Darimanakah asalnya?

Fotosintesis adalah nama proses yang mendasar ini. Proses ini terjadi pada sebagian besar tumbuhan yang terbentang dipermukaan bumi ini. Tumbuhan-tumbuhan tersebut dapat melakukannya dengan adanya bantuan sinar matahari dan mendapatkan zat-zat dari dalam tanah seperti air. 

Matahari yang berjarak berjuta-juta kilometer dari bumi tidak menjadi halangan untuk berperan dalam kehidupan ini. Adapun air dari dalam tanah yang tersembunyi turut ambil bagian disini. Dan tentusaja daun dari tumbuhan yang menjadi produsen dari oksigen tersebut.


Sinar matahari dengan freuensi tertentu ditangkap oleh daun dan menggetarkan molekul didalamnya sehingga bertemu dengan air dan karbon dioksida yang diangkut oleh jaringan yang disebut xilem. Kemudian hasil pertemuan inilah yang menghasilkan oksigen yang dikeluarkan melalui stomata yang berada pada bagian bawah daun. 

Proses ini terjadi disetiap tumbuhan yang memiliki zat hijau daun atau klorofil. Dan proses pembentukan oksigen ini terus berjalan selama tumbuhan masih hidup. Sama dengan bernafas bagi manusia yang terus dilakukan setiap saat. Meskipun sayangnya tumbuhan tidak memiliki tabung karbondioksida jika ia kekurangan suplai seperti pada manusia yang memiliki tabung oksigen. Inilah yang mengakibatkan oksigen melimpah ruah diudara. 

Pertanyaan mengenai mengapa tumbuhan yang dapat melakukannya telah dipelajari oleh para ilmuwan biologi diseluruh penjuru dunia dengan metode sains. Namun tetap saja tidak dapat menyembunyikan betapa Maha Besar-Nya Dia yang menciptakan alam semesta ini dengan keteraturan yang mendetail. Bagaimana jika jarak matahari lebih jauh atau lebih dekat sepersekian mili? Begitupun jika jarak bumi yang dibuah sepersekian mili? Proses ini tidak akan mungkin terjadi. 

Sesungguhnya semuanya telah diatur oleh-Nya dengan ketepatan yang sangat luar biasa. Bukti kebesaran-Nya dalam mengurus makhluknya.
“Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang da-pat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mere-ka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya.” ( al-Baqarah 2: 255)